Minggu, 17 Agustus 2014

MENATAP MASA DEPAN KABUPATEN SERANG PERGULATAN ANTARA TANTANGAN DAN HARAPAN




OLEH :
Dr. H. RACHMAT MAULANA S.Sos, M.SI


1.   Pendahuluan
Sejak lahirnya Kabupaten Serang tepatnya tanggal 8 oktober Tahun 1526 M  sebuah kisah perjalanan panjang telah terjadi hingga saat ini telah mencapai 488 tahun. Kurun waktu yang sangat lama telah membentuk Kabupaten Serang dengan segala dinamika perubahan yang terus menerus akan mewarnai perkembangan Kabupaten Serang dimasa yang akan datang.
Kabupaten Serang terletak di ujung Pulau Jawa bagian barat, adalah salah satu Kabupaten dari 4 Kabupaten dan 4 Kota di wilayah Provinsi Banten memiliki potensi yang sangat besar diberbagai bidang dengan pengembangan zona kewilayahan menjadikan Kabupaten Serang memiliki nilai yang sangat tinggi bagi siapapun yang ingin berinvestasi di Kabupaten  Serang. Dengan model Pengembangan potensi wilayah Kabupaten Serang yang menjadi bagian integral Provinsi Banten, maka pengembangan wilayah Kabupaten Serang lebih melihat pada kesesuaian antara kondisi dan potensi wilayah serta sosial ekonomi masyarakatnya yang lebih berorientasi kepada pengembangan pembangunan pada sektor pertanian, industri, parawisata, perdagangan dan jasa. Dari modal dasar tersebut nampaknya  Kabupaten Serang akan mampu menapaki perjalanan panjang dalam rangka mewujudkan masyarakat Kabupaten Serang yang berkualitas menuju Kabupaten Serang yang agamis, adil dan sejahtera.
Daerah yang menjadi dambaan bagi setiap orang ini nampanya perlu melakukan berbagai upaya untuk merespon perubahan zaman yang suka atau tidak suka harus dilakukan dengan penuh kecermatan, ketepatan dan kecepatan. Hal ini  penting dilakukan agar berbagai perubahan yang terjadi benar – benar dapat direncanakan sehingga tidak terkesan berjalan tanpa arah dan tujuan. Berbagai perubahan yang terjadi ditengah – tengah masyarakat lebih terlihat pada upaya – upaya pemenuhan layanan dasar yang menjadi kewajiban bagi Pemerintah Kabupaten Serang. Derajat perubahan kualitas pelayanan menjadi dambaan masyarakat sehingga pada saatnya nanti Kabupaten Serang akan dapat memberikan layanan terbaik bagi warganya.

2.   Agenda – Agenda Yang menjadi Target Capaian
Sesuai dengan dokumen Rencana Pembangunan Daerah (RPJMD) Tahun 2011-2015 nampanya agenda – agenda yang menjadi perhatian penuh bagi pemerintah Kabupaten Serang adalah mewujudkan pencapaian sasaran strategis visi pembangunan Kabupaten Serang Tahun 2011-2015 yaitu :
Sasaran Strategis Visi
Indikator
1.
Meningkatnya kesejahteraan masyarakat
Indek pembangunan manusia (IPM)
2.
Menurunnya kemiskinan
Jumlah KK miskin
3.
Menurunnya pengangguran
Tingkat pengangguran terbuka (TPT)
4.
Meningkatnya kinerja dan kualitas perekonomian
Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE)


PDRB ADH Berlaku


PDRB ADH Konstan


PDRB Per Kapita (ADH Berlaku)

Empat hal pokok ini menjadi agenda penting yang saat ini sedang dilaksanakan dengan berbagai strategi, program dan kegiatan sehingga arah kebijakan pembangunan dikabupaten serang dapat dilaksanakan sesuai dengan Dokumen RPJMD yang telah ditetapkan.
    Tidak hanya itu terdapat delapan program unggulan yang harus segera direalisasikan antara lain :
1.
Pembangunan Pusat Pemerintahan Kabupaten (Pupemkab) Serang.
2.
Pembangunan Jalan Interchange Serang Timur.
3.
Pembangunan TPSA Bojong Menteng.
4.
Pembangunan Terminal Cikande.
5.
Pengembangan Pertanian Dan Kawasan Agropolitan.
6.
Pembangunan Kawasan Minapolitan.
7.
Pengembangan Kawasan Industri Kecil (Kik)/Lingkungan Industri Kecil (Lik) Sentra Ukm.
8
Pengembangan Kawasan Wisata Terpadu Anyer - Rawa Dano
 Saat ini upaya pencapaian program unggulan tersebut dilakukan dengan mengerahkan segala daya dan upaya mengingat tengat waktu yang satu tahun lagi akan berakahir. Beberapa program nampaknya telah membuahkan hasil positif terlihat dari telah dilaksanakannya pembebasan lahan untuk Pembangunan Pusat Pemerintahan Kabupaten (Pupemkab) Serang dan   Pembangunan Jalan Interchange Serang Timur yang saat ini dalam progres pelaksanaannya, meskipun demikian banyak kendala yang dihadapi seperti halnya Pembangunan TPSA Bojong Menteng yang mengalami kendala banjir di areal lahan yang direncanakan, namun demikian Pemerintah Kabupaten Serang terus bergerak maju dengan melakukan berbagai upaya untuk merealisasikan delapan program unggulan tersebut.
    Sebagai wujud implementasi dalam kegiatan penyelenggaraan pemerintahan yang  dilakukan  pemerintah daerah dalam rangka  keberhasilan pembangunan daerah maka kabupaten serang memfokuskan untuk melaksanakan tiga bidang yaitu : pertama. Bidang ekonomi, kedua. Bidang pendidikan, ketiga. Bidang kesehatan. Ketiga bidang ini merupakan satu kesatuan yang terintegrasi sebagai alat ukur untuk merefleksikan status pembangunan manusia di wilayah kabupaten serang.
Patut disyukuri bahwa berbagai ikhtiar yang selama ini dilakukan oleh semua stake holder yaitu masyarakat, dunia usaha, para pihak dan setiap entitas pemerintahan selama ini, telah mengantarkan pembangunan di daerah Kabupaten Serang, terus mengalami kemajuan dari waktu ke waktu. Berbagai kemajuan tersebut, merupakan hasil kerja keras, kesungguhan, komitmen, kebersamaan dan keberpihakan Pemerintah kepada rakyat, serta pengkhidmatan dalam mewujudkan masyarakat yang berkualitas bersendikan semangat religius, adil, dan sejahtera. Ikhtiar bersama yang sudah, sedang dan terus dilaksanakan secara sungguh-sungguh selama ini, telah berada pada track yang benar, sehingga pemerintah dan negara mengakui dan mengapresiasinya dengan berbagai penghargaan.
3.   Meneropong Tantangan yang dihadapi
Dalam penyelenggaraan Pemerintahan daerah membawa sebuah konsekewensi atau tantangan tersendiri bagi pemerintah Kabupaten Serang. Penyediaan layanan dasar kepada masyarakat melalui penyediaan layanan pendidikan, kesehatan dan penyediaan berbagai infra struktur serta program yang sangat penting yaitu penanggulangan kemiskinan. Keempat program tersebut menurut penulis menjadi hal yang penting untuk dilihat secara mendalam sehingga upaya – upaya yang akan dilakukan dapat menjawab terhadap permasalahan yang tengah terjadi ditengah – tengah masyarakat.
Berbagai tantangan tersebut dapat penulis uraikan sebagai berikut :
1.    Tantangan dibidang penyediaan layanan pendidikan
Aksesibilitas Dan Pelayanan Pendidikan Yang Belum Merata
Upaya pembangunan pendidikan di Kabupaten Serang tidak terlepas dari 3 (tiga) Pilar pendidikan yang terdiri dari aspek pemerataan dan perluasan aksesibilitas, aspek peningkatan mutu, relevansi dan daya saing, serta aspek tata kelola, akuntabilitas dan pencitraan publik. Pada aspek pemerataan dan perluasan aksesibilitas, yang menjadi isu utama adalah penuntasan Wajib Belajar Pendidikan Dasar 9 Tahun dan Rancangan Wajib Belajar 12 Tahun. Kedua isu tersebut akan berimplikasi pada tantangan penyediaan sarana dan prasarana pendidikan yang memadai, serta pembebasan biaya pendidikan khususnya pendidikan dasar.
2.    Tantangan dibidang penyediaan layanan kesehatan
Dalam rangka peningkatan derajat kesehatan masyarakat, yang menjadi isu strategis bidang kesehatan adalah :
a.    Terbatasnya aksesibilitas terhadap pelayanan kesehatan yang berkualitas dan  pada kelompok rentan seperti: penduduk miskin.
b.    Pemerataan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia kesehatan belum sepenuhnya menunjang penyelenggaraan pembangunan kesehatan terutama pemenuhan tenaga Medis dan Non medis di Puskesmas.
c.    Permasalahan manajerial dalam sinkronisasi perencanaan kebijakan, program, data dan informasi kesehatan, pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang kesehatan serta hukum kesehatan serta masih terbatasnya koordinasi dan integrasi Lintas Sektor.
d.    Masih rendahnya alokasi anggaran kesehatan terutama untuk upaya preventif dan promotif serta operasionalisasi dan mobilisasi Puskesmas.
3.    Tantangan dibidang penyediaan infra struktur
a.  Perkembangan tata ruang kota yang tak  terkendali  akibat urbanisasi; pembangunan  infrastruktur kalah cepat dengan perubahan tata ruang tersebut;
b.  Berkurangnya daya dukung lahan, terutama daerah perkotaan;
c.   Sumber daya air yang tidak dikelola oleh satu instansi, tapi  dikelola oleh banyak instansi  terkait;
d.  Keterbatasan sumber dana pemerintah;
e.  Rusaknya jalan-jalan Kabupaten akibat menurunnya kualitas jalan , cuaca dan pembebanan yang diatas daya dukung perkerasan

4.    Tantangan dibidang penanggulangan kemiskinan
a.    Kualitas hidup penduduk yang rendah
b.    kecukupan dan mutu pangan terbatas
c.    layanan kesehatan yang belum terjangkau secara merata ,
d.    dan layanan pendidikan yang berkualitas masih relatif mahal.


Dari empat pilar tantangan diatas sudah seharusnya Pemerintah Kabupaten Serang sebagai lembaga yang diamanahi untuk melakukan upaya – upaya yang terbaik bagi masyarakatnya, harus berpikir keras, cerdas, dan cepat untuk memberikan berbagai solusi dari setiap tantangan tersebut. Kuncinya adalah komitment bersama untuk bekerja secara bersama-sama dani yang paling penting berkelanjutan bukan satu tahun, satu periode atau dua priode tetapi bekerlanjutan siapapun yang melaksanakan amanah ini. Kerana pemerintahan adalah manajemen yang membutuhkan keberlanjutan didukung oleh semua komponen sehingga tujuan mulia untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dapat tercapai.
4.   Harapan Masyarakat untuk Kabupaten Serang
Bagi kita semua berharap bahwa Kabupaten Serang dapat membawa berkah bagi kemaslahatan hidup kita semua, selalu menjaga kebersamaan, kerukunan warga, tetap mengedepankan persatuan dan kesatuan untuk terjaganya kabupaten serang yang kondusif, selalu meningkat kualitas pelayanan kepada masyarakat terutama masyarakat miskin agar hidupnya dapat lebih sejahtera dan bagi Pemerintah Kabupaten Serang kami berharap agar capaian – capaian yang telah diraih selama ini dapat disyukuri dan berupaya keras untuk mempertahankan bahkan selalu berusaha untuk meningkatkannya sehingga menatap hari esok yang lebih baik merupakan sebuah  pilihan cerdas yang harus diambil guna menjaga keberlangsungan Pemerintahan Kabupaten Serang.

5.   Penutup
Demikian sekelumit tulisan ini dibuat sebagai kado kecil bagi Kabupaten Serang yang sedang merayakan ulang tahunnya yang ke 488. Dirgahayu Kabupaten Serang Semoga langkah perjalan kita selalu diridhio oleh Allah SWT, Amin.
--------------- ++++ --------------



Tidak ada komentar:

Posting Komentar